Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan

Tak dapat dipungkiri jika setiap individu memiliki kebiasaan uniknya masing-masing. Namun, apakah anda tahu jika beberapa dari kebiasaan tersebut ternyata ada yang memberikan dampak negatif pada kesehatan tubuh ? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan

 

Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan

1. Menggigit kuku

Beberapa orang atau mungkin anda memiliki kebiasaan menggigit kuku ketika sedang khawatir atau panik. Kebiasaan seperti ini rupanya bisa membuat kuman dari kuku berpindah ke mulut dan kemudian dengan tak sengaja anda menelannya. Hal ini tentu akan memberikan dampak buruk pada kesehatan di waktu yang akan datang.

2. Tak cuci tangan setelah buang air

Ketika selesai buang air kecil atau besar, anda hanya akan teringat untuk maaf “cebok”, tanpa mengingat untuk mencuci tangan setelah hal itu dilakukan. Padahal, para ahli telah mengingatkan bahwa ada berbagai jenis bakteri yang tersembunyi di balik kuku anda setelah cebok dilakukan, seperti bakteri Salmonell, E.coli, serta Novovirus.

3. Menggunakan tangan sebagai tisu

Sebagian besar orang selalu menggunakan tangan dalam beragam fungsi, seperti menutup mulut ketika bersin. Kebiasaan ini dikatakan bisa mempercepat penyebaran kuman ke dalam tubuh. Terlebih jika anda tidak segera mencuci tangan setelah melakukan aktivitas tersebut.

4. Membuka bungkusan dengan gigi

Ketika anda sulit membuka bungkusan makanan atau benda, anda kerap menggunakan gigi untuk memudahkannya. Kegiatan tersebut justru dapat membuat kuman tersebar dengan mudah dari bungkus makanan tersebut ke mulut anda sendiri.

Artikel lainnya :

5. Mengunyah pulpen

Seperti halnya menggigit kuku, orang-orang juga dikenal sering menggigit atau mengunyah pulpen ketika sedang merasa kebingungan. Namun, di balik kebiasaan itu, tersimpan risiko penyebaran kuman yang bisa menyebabkan timbulnya beberapa penyakit.

Setelah tahu bagaimana dampak atau efek yang bisa dirasakan dari kebiasaan buruk tersebut, kini saatnya anda untuk menghentikannya agar hidup anda lebih sehat dan terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *