Kebiasaan Buruk yang Bisa Mengganggu Kualitas Tidur

Tidur nyenyak dan berkualitas menjadi keinginan semua orang. Akan tetapi kenyataannya adalah tak semua orang bisa mendapatkan hal yang diinginkan tersebut. Ada orang yang bisa memejamkan mata atau tertidur, namun ia bisa berkali-kali terbangun dari tidurnya. Atau ada juga orang yang mengalami insomnia yang merasa kesulitan untuk tidur.

kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kualitas tidur

Insomnia atau tidak mendapatkan tidur dengan nyenyah yang sering menjadi masalah utama anda yang dikatakan memberikan dampak negatif pada tubuh, sebaiknya mulai anda perhatikan dengan cara yang benar. Karena, ada beberapa larangan yang tak boleh anda lakukan sebelum tidur untuk memudahkan anda mendapatkan tidur yang berkualitas seperti berikut ini.

Kebiasaan Buruk yang Bisa Mengganggu Kualitas Tidur

Ketika anda bermasalah dengan kualitas tidur, sebaiknya hindari lampu terang atau layar ponsel. Hal ini dikarenakan, 5 menit cahaya putih dari layar yang kita lihat, bisa menekan tingkat melatonin atau hormon tidur sebanyak 50% dan membuat kita nantinya sulit mendapatkan tidur yang berkualitas.

Menonton TV

Jika anda terbiasa menonton TV, pastikan untuk tidak menonton acara yang membuat anda ketakutan atau gelisah seperti film horror. Hal ini akan membuat anda kesulitan untuk memejamkan mata.

Aktivitas berlebih

Anda yang mungkin memiliki shift malam atau harus mengerjakan suatu laporan sampai larut malam, cenderung lebih sulit tidur saat itu dan di kemudian hari. Sehingga ada larangan yang memngharuskan anda tidak boleh beraktivitas 2 jam sebelum tidur. Namun, jika sekedar yoga atau latihan pernapasan yang anda lakukan, hal ini justru sangat direkomendasikan oleh para pakar.

Minum kafein

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Michigan’s Henry Ford Hospital Sleep Disorders and Research Center and Wayne State College di Medicine, menunjukan fakta bahwa kafein yang dikonsumsi 6 jam sebelum tidur, akan mengakibatkan kuantitas dan kualitas tidur berkurang.

Memaksakan diri untuk tidur

Ketika masalah kecil belum anda kerjakan seperti membereskan tempat tidur, sedangkan anda sudah mulai merasa lelah dan ngantuk, sebaiknya anda paksakan diri untuk terlelap. Karena jika tidak anda paksakan, maka hormon kortisol/stress kemungkinan akan muncul dan mengganggu tidur anda.

Stress

Seperti yang dibahas sebelumnya, stress menjadi salah satu pemicu anda tidak bisa tertidur dengan nyenyak. Sehingga salah satu pakar menyarankan anda untuk bisa mengelola stress terlebih dahulu, guna mendapatkan tidur yang lebih berkualitas nantinya.

Nah itulah beberapa larangan atau yang telah menjadi Kebiasaan Buruk yang Bisa Mengganggu Kualitas Tidur, sehingga penting anda perhatikan dan hindari agar anda bisa mendapatkan manfaat tidur yang sehat nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *