Kandungan dan Manfaat Pare untuk Kesehatan

kandungan dan manfaat pare

Pare adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa pahit. Meskipun begitu, ia tetap disukai oleh masyarakat. Bahkan diketahui bahwa ia bisa memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan jika dikonsumsi pada batasan tertentu.

Nah berikut ini adalah beberapa kandungan dan manfaat pare untuk kesehatan, di antaranya :

Phyto Nutrien

Pare memiliki kandungan Phyto Nutrien, terutama polipeptida-P yang merupakan insulin tanaman, dikenal berperan dalam menurunkan kadar gula darah. Agen hipoglikemik yang dinamai charantin meningkatkan proses penyerapan glukosa serta glikogen sintesis di dalam sel-sel hati, jaringan, dan otot. Kemampuan ini membuat pare berperan aktif dalam menurunkan kadar gula darah, khususnya untuk penderita diabetes tipe-2.

Folat

Di dalam pare juga ditemukan Folat sekitar 72 mg/100 g (18% dari RDA) yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menurunkan risiko cacat lahir dan cacat tabung saraf.

Baca juga : Harga Produk Herbal

Vitamin C

Vitamin C dalam pare 100 g berkisar 84 mg atau 140% dari RDI. Vitamin C dalam pare menjadi antioksidan kuat yang dapat membantu mengikat radikal bebas yang memicu kerusakan pada tubuh.

Flavonoid

Flavonoid memiliki sifat seperti α-karoten, ß-karoten, lutein, serta zeaxanthin yang bertugas untuk meindungi tubuh dari radikal bebas penyebab penuaan dini, kanker, dan berbagai jenis penyakit lainnya. Tak usah bingung, karena flavonoid ini ada di dalam pare.

Vitamin B Kompleks

Pare juga memiliki kandungan Vitamin B kompleks, di antaranya vitamin B-3 (niasin), vitamin B-5 (asam pantotenat), vitamin B-6 (piridoksin) serta Mineral (zat besi, magnesium, seng, mangan dan kalium).

Serat

Serat dalam pare tentu menjadi kandungan utama dalam membantu melancarkan pencernaan. Serat bisa merangsang pencernaan dan gerakan peristaltik agar makanan bisa masuk dengan mudah ke dalam usus sampai bisa disekresikan. Hal ini akan membantu tubuh mengurangi efek sembelit atau susah buang air besar.

Selain bermanfaat, pare juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, terutama untuk ibu hamil dan ibu menyusui yang sebaiknya konsultasi dulu jika benar-benar ingin makan pare.

Baca juga : 6 Penyakit yang Disebabkan Oleh Stress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *