Kandungan dan Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Pisang adalah buah tropis yang paling banyak digemari dan dikonsumsi karena rasanya yang bisa diterima di lidah banyak orang. Bahkan telah banyak dikatakan bahwa pisang memiliki kandungan dan manfaat yang bisa mendukung kinerja atau fungsi tubuh secara optimal. Hal ini bisa anda lihat dan simak di kandungan dan manfaat buah pisang untuk kesehatan berikut ini :

kandungan dan manfaat buah pisang untuk kesehatan

Kalori

Pisang rata-rata tentang hanya memiliki 110 kalori, sehingga banyak orang yang menggunakan pisang untuk diet.

Lemak dan kolesterol

Pisang memiliki lemak dan kolesterol rendah. Gunakan pisang yang telah dihaluskan untuk menggantikan beberapa mentega atau minyak ketika membuat kue.

Kalium

Pisang dikenal untuk mengandung kalium tinggi, dengan lebih dari 400 mg kalium dalam satu ukuran sedang pisang. Menurut Colorado State University ekstensi, kalium diperlukan untuk membantu fungsi saraf dan otot serta untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kalium dalam pisang dapat membantu mencegah kram otot setelah latihan secara alami.

Vitamin C

Seperti pada banyak buah-buahan, pisang mengandung sejumlah vitamin C. Satu pisang menyediakan sekitar 10 mg vitamin C, atau sekitar 15% dari jumlah yang direkomendasikan untuk harian Anda. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda dan meningkatkan penyerapan nutrisi lainnya seperti besi.

Vitamin B6

Karena vitamin B lebih sering ditemukan dalam produk hewani, mungkin datang sebagai kejutan yang menjadi sumber sangat baik dari vitamin B6, juga disebut Piridoksin. Satu pisang menyediakan 35 persen dari B6 kebutuhan Anda sehari-hari. Tubuh Anda menggunakan vitamin B6 untuk tumbuh sel-sel baru.

Mangan

Pisang adalah sumber mangan yang baik, dengan satu pisang berukuran sedang, menyediakan sekitar 3 mg. Orang dewasa perlu 1,8 sampai 2,3 mg mangan setiap hari. Mangan diperlukan untuk kesehatan tulang dan metabolisme.

Serat

Satu pisang memiliki 3 g serat. Serat diet dapat membantu Anda merasa lebih lengkap lagi dan juga menjaga proses pencernaan Anda berjalan lancar.

Karbohidrat

Tubuh Anda menggunakan karbohidrat sebagai sumber utama energi. Makan pisang setelah latihan bermanfaat sebagai pengisi bahan bakar. Sarapan dengan pisang akan memberikan Anda energi untuk anda, bahkan menjadikan pisang sebagai camilan sehat sangat dianjurkan

Nutrisi lainnya

Bananas juga memberikan sejumlah kecil vitamin dan mineral. Pisang menyediakan beberapa kandungan asam amino, zat besi, magnesium, kalsium dan fosfor serta vitamin A dan E, folat, karoten dan Kolin.

Mengatasi masalah pencernaan

Pisang mudah dicerna. Ketika Anda sakit dengan virus atau gangguan pencernaan, pisang dapat menarik cara untuk mendapatkan beberapa nutrisi penting ke sistem Anda tanpa mengganggu perut Anda. Tumbuk pisang juga sering digunakan sebagai pengantar untuk makanan padat untuk bayi. Dan menurut beberapa penelitian, pisang juga dipercaya dapat membantu masalah lambung, seperti kenaikan asam lambung dan maag.

Nah itulah beberapa informasi yang bisa anda ketahui seputar kandungan dan manfaat buah pisang untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *