Jangan Lakukan Ini Sebelum Anda Berolahraga !

Ketika anda akan melakukan olahraga, rupanya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan bahkan seharusnya jangan anda lakukan saat anda akan melakukan aktivitas fisik ini. Apa saja ?

Pantangan Sebelum Olahraga

 

pantangan sebelum olahraga
Mengkonsumsi air terlalu banyak

Konsumsi air memang sangat dibutuhkan ketika akan dan setelah melakuakn olahraga untuk menjaga serta menggantikan cairan tubuh yang hilang. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, maka justru akan memberikan efek buruk pada kesehatan.  Anda akan mengalami kondisi hyponatremia (akibat terlalu banyak konsumsi air sevelum olahraga) yang akan membuat darah menjadi lebih encer dan kandungan ion sodium dalam darah menurun drastis. bahkan anda juga akan mengalami kelemahan otot, kram, dan kehilangan energi. Pada kondisi yang paling parah, anda akan mengalami kejang bahkan koma.

Mengkonsumsi minuman beralkohol

Mengkonsumsi air terlalu banyak saja tak boleh, apalagi jika sebelum berolahraga anda mengkonsumsi minuman beralkohol. Satu gelas saja anda mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang pada akhirnya akan membuat tubuh gemetar serta otot lemah sehingga anda bisa cedera saat olahraga.

Mengkonsumsi makanan pedas

Salah satu penulis mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan berat bahkan pedas sebelum olahraga akan menimbulkan heartburn dan reflux (naiknya asam lambung ke kerongkongan). Jadi, jika memang anda membutuhkan asupan makanan terlebih dahulu sebelum olahraga, sebaiknya konsumsi buah atau karbohidrat ringan yang mudah dicerna dalam waktu 2 jam sebelum anda berolahraga.

Baca juga : Tips Hidup Sehat dari Beberapa Negara

Pemanasan yang salah

Pemanasan memang harus dilakukan dengan benar agar anda tak mengalami cedera otot. Salah satu pemanasan yang sebaiknya anda hindari adalah membungkuk dan menahan tubuh seperti mencoba menyentuh jari kaki.

Berhubungan intim

Saat berhubungan intim dengan pasangan, tubuh akan melepaskan zat oksitosin yang dapat memberikan efek santai dan tenang, sehingga ketika anda menjalankan olahraga yang justru membutuhkan energi cukup banyak, tubuh tidak bisa memberikanya. Pada akhirnya olahraga yang akan dijalankan pun tak bisa berlangsung dengan baik.

Setelah anda mengetahui apa saja hal yang dilarang ketika akan berolahraga, sebaiknya anda memang jangan dan hindari melakukan hal tersebut sebelum olahraga, apalagi olahraga berat yang akan dilakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *