Inilah Khasiat dan Manfaat Konsumsi Daun Kemangi

Daun kemangi yang sering kita manfaatkan sebagai pengharum masakan, dikonsumsi langsung sebagai lalapan, ternyata memiliki nilai guna atau khasiat yang tak terbantahkan untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa khasiat yang ada di dalam daun kemangi.

7 Khasiat Daun Kemangi

 

manfaat daun kemangi

Menyehatkan mata

Daun kemangi memiliki kandungan vitamin A yang dapat menjadi solusi untuk menyehatkan mata. Walaupun memang kandungan vitamin A dalam daun kemangi tak sebanding dengan yang ada pada wortel, namun kadar yang dimilikinya dinilai masih cukup membuat mata tetap sehat dan terjaga.

Menghilangkan bau mulut dan bau badan

Baunya yang khas dalam masakan, ternyata berperan juga untuk tubuh. Daun kemangi dipercaya dapat mengatasi bau mulut dan bau badan.

Anti-penuaan

Daun kemangi dikatakan memiliki kandungan zat triptofan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menghambat munculnya keriput pada kulit yang menjadi salah satu tanda penuaan.

Baca juga : 7 Khasiat dan Manfaat Bunga Mawar yang Menakjubkan

Anti radang

Daun kemangi juga memiliki kandungan zat cineole myrcene dan eugenol yang berperan sebagai antibiotik alami dalam tubuh untuk mencegah terjadinya peradangan.

Menguatkan tulang

Vitamin K yang ada dalam daun kemangi dapat berperan aktif dalam menguatkan tulang dan membantu proses mineralisasi tulang.

Mengontrol tekanan darah dan detak jantung

Daun kemangi ternyata memiliki banyak kandungan mineral, salah satunya Kalium yang menjadi komponen paling penting yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

Mencegah anemia

Daun kemangi juga merupakan sumber zat besi yang dapat membantu para penderita anemia maupun mencegah terjadinya anemia. Zat besi yang terkandung dalam kemangi yaitu sekitar 3,17 mg/ 100 gr daun kemangi.

Itulah manfaat dan khasiat dari daun kemangi yang biasa dikonsumsi sebagai lalapan. Masih banyak lagi khasiat dari dedaunan lain, bukan hanya kemangi yang telah kami terangkan disini. Simak artikel-artikel kami selanjutnya hanya di hargaalami.com. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *