Gangguan Mental Ini Berisiko Menyerang Wanita

Gangguan mental bisa menyerang siapa saja tak kenal usia dan jenis kelamin. Namun, menurut sebuah studi yang pernah dilakukan terungkap bahwa wanita lebih rentan mengalami gangguan mental dibandingkan pria. Gangguan yang terjadi pun ada beberapa jenis, di antaranya :

gangguan mental ini berisiko menyerang wanita

Trauma

Trauma merupakan masalah mental yang sulit dilenyapkan dari pikiran wanita. Terlebih jika hal yang membuat membuat wanita trauma begitu menyakitkan. Seperti kejadian pelecehan seksual, yang selalu menghantui pikiran wanita kala itu dan membuatnya menjadi pribadi yang pendiam dan cenderung mengasingkan diri.

Panik dan mudah cemas

Riset yang telah lama dilakukan menunjukan bahwa wanita memiliki 2 kali lipat kemampuan untuk panik dibandingkan para pria. Dan kemudian, panik tersebut bisa mengarah kepada kemunculan fobia. Selain itu, pengaruh beberapa hormon dalam tubuh wanita juga memicu rasa cemas dan khawatir yang berlebihan.

Depresi

Wanita memiliki kehidupan yang berbeda dengan pria, karena bisa mengalami menstruasi, hamil, sampai menopause. Hal ini bisa terjadi akibat fluktuasi hormon yang juga memicu risiko stress atau depresi pada wanita yang lebih besar dibandingkan pria.

Gangguan makan

Gangguan makan yang terjadi pada wanita berasal dari keinginan meraka untuk tampil sempuna dengan bentuk badan ideal. Untuk mendapatkan apa yang diinginkan tersebut, pada akhirnya mereka mengalami gangguan seperti ini dalam bentuk anoreksia. Jika hal ini terus berlanjut, kondisi kesehatan secara keseluruhan akan memburuk.

Baby blues

Baby blues adalah masalah mental yang terjadi pada wanita usai melahirkan. Kondisi ini berupa kebencian wanita terhadap sang bayi yang baru ia lahirkan karena rasa lelah dan waktu yang tidak cukup untuk istirahat ditambah dengan pengaruh luar yang bisa membuat para wanita terpengaruh dan lebih sentimental saat itu.

Walaupun tak semua wanita mengalami gangguan mental di atas, namun sudah seharusnya anda mengantisipasi segala jenis gangguan tersebut dengan berbagai hal positif yang bisa dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *