Gangguan Kesehatan yang Aneh dan Langka

hargaalami.com | Setiap penyakit pasti ada obatnya, manusia akan tetap berpegang teguh pada ungkapan tersebut. Lalu, bagaimana dengan beberapa penyakit aneh yang sampi saat ini belum ditemukan secara pasti apa penyebabnya dan cara penyembuhannya ?

Nah berdasarkan pertanyaan inilah artikel ini dibuat untuk mengulas sedikit mengenai 5 Gangguan Kesehatan yang Aneh dan Langka oleh para ahli bahkan masyarakat umum.

5 Gangguan Kesehatan yangAneh dan Langka

Sindrom manusia serigala (Werewolf Syndrome)

sindrom manusia serigala

Setiap manusia yang normal memiliki jumlah rambut yang terbatas dan hanya tumbuh didaerah tertentu saja, seperti kepala. Namun ada beberapa orang yang terlehir dengan gen tambahan pada kromosom X yang mengakibatkan pertumbuhan rambut berlebih. Gangguan ini disebut sebagai Hypertrichosis, sering dikaitkan dengan kondisi cacat gigi (ggingival hyperplasia syndrome) atau dikenal pula dengan sindrom manusia serigala.

Sindrom manusia serigala ini merupakan kasus yang sangat jarang, hanya ditemukan sekitar 50 kasus sampai saat ini. Walaupun diyakini tidak menimbulkan bahaya apapun pada tubuh, namun tetap saja sindrom ini sangar mengganggu dari segi penampilan penderitanya.

Sindrom Vampir

sindrom vampire
Selama ini kita hanya bisa melihat vampir di film saja, namun rupanya kita bisa melihat vampir versi aslinya.

Tak jauh berbeda dari manusia serigala, penyakit yang satu ini disebut sebagai porphyria. Penderitanya akan mempunyai sensitivitas tinggi pada cahaya dan bawang putih, juga memiliki gigi taring yang tajam seperti vampir yang umum lihat di film.

Gangguan yang satu ini disebabkan oleh adanya masalah tubuh yang mengakibatkan produksi eritrosit (sel darah merah) mengalami gangguan. Walaupun sindrom vampir ini bisa bisa diatasi dengan perawatan transfusi darah secara rutin, namun sayangnya sindrom ini belum dapat disembuhkan sampai saat ini.

Sindrom bau ikan

sindrom bau ikan
Orang yang mengalami sindrom bau ikan atau trimethylaminuria ini tidak dapat mengontrol bau yang sangat kuat dari keringat, air sendi, bahkan nafas mereka. Hal ini disebabkan oleh gen FMO3 yang sampai sekarang masih tergolong langka dan belum ada obatnya.

Baca juga : Harga Obat di Indonesia Paling Mahal Se-ASEAN

Penuaan dini atau Progreria

Progreria
Progreria merupakan suatu kondisi dimana si penderita mengalami pertumbuhan fisik yang sangat cepat dibandingkan yang lain hingga 4 sampai 7 kali lipat pertumbuuhan normal. Kondisi ini disebabkan oleh mutasi genetik, bukan penyakit keturunan juga tidak menualr,

Penderitanya terlahir dengan kondisi normal, namun menginjal 6 bulan sampai 1 tahun, gejalanya mulai muncul seperti rambut yang rontok dan tidak tumbuh kembali, pertumbuhan gigi yang abnormal, serta jaringan kulit yang mulai menipis. Walaupun demikian, pertumbuhan mental dan pola berpikirnya tumbuh serta berkembang seperti anak normal lainnya.

Tak peka dengan rasa sakit

tidak peka rasa sakit

Orang yang tidak peka terhadap rasa sakit yang menyerangnya dikatakan sebagai orang yang kuat, namun rupanya hal tersebut bertolak belakang dengan apa yang seharunya terjadi. Karena ketika tidak tidak memiliki kepekaan, maka tidak akan terdiagnosisnya penyakit yang ada di dalam tubuh mereka, sehingga tubuh mudah digerogoti olehnya.

Gangguan kepekaan ini disebabkan oleh kondisi yang menyerang saraf penghubung otak dan saraf tulang belakang yang berfungsi sebagai pendeteksi sentuhan serta rasa sakit. Hal ini terjadi akibat adanya mutasi gen yang mengontrol sel-sel neuron.

Dengan mengenal beberapa gangguan kesehatan yang aneh dan langka tersebut, kita bisa dengan sigap memberikan penanganan lebih lanjut jika memang kondisi tersebut ada di sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *