Efek Samping Minum Teh Secara Berlebihan

Minum teh hangat di pagi dan sore hari mungkin salah satu kegiatan yang selalu anda lakukan sebagai pengganti kopi yang memiliki kadar kafein lebih tinggi dibandingkan teh. Akan tetapi, jika konsumsi teh dilakukan secara berlebihan dan sembarangan, bukan manfaat yang bisa anda dapatkan. Melainkan efek samping dari kebiasaan tersebut. Lalu, apa saja efek samping minum teh secara berlebihan ? Berikut penjelasannya.

Efek Samping Terlalu Banyak Minum Teh

 

 efek samping minum teh secara berlebihan

Gelisah

Tak jauh berbeda dengan kopi, teh juga memiliki kandungan kafei yang bisa mengakibatkan munculnya gelisa, cemas, peningkatan detak jantung, serta berbagai masalah yang berhubungan dengan tidur.

Muncul gangguan kesehatan

Jika anda sudah menjadi pecandu teh, artinya minum teh dalam porsi yang besar dan konsisten, kemungkinan akan muncul beberapa gangguan kesehatan ringan seperti mudah lelah, sakit kepala, serta sulit konsentrasi.

Fluorosis tulang

Teh juga mengandung zat fluoride yang akan bisa menyebabkan fluorosis tulang atau gangguan tulang yang dipicu oleh kelebihan fluoride.

Risiko kanker prostat

Riset yang telah dilakukan menunjukan bahwa orang-orang yang minum teh dengan berlebihan, akan memiliki risiko 50% lebih tinggi menderita kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang minum teh secara teratur.

Risiko gagal ginjal

Jika air mineral akan membuat ginjal menjadi lebih sehat, berbeda jika anda minum air teh secara berlebihan yang justru akan memicu risiko gagal ginjal.

Sembelit

Teofirim merupakan salah satu zat yang juga ditemukan di dalam teh. Zat tersebut bisa menyebabkan dehidrasi di usus yang selanjutnya bisa memicu sembelit.

Rasa tak nyaman di perut

Adanya kandungan kafein dalam teh, bisa memicu produksi zat asam yang tak bisa dengan mudah diserap oleh tubuh, sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan di perut. Bahkan untuk jenis teh hitam sendiri, sebaiknya tidak dikonsumsi penderita maag.

Penyakit kardiovaskular

Anda yang memiliki masalah pada kardiovaskular, sebaiknya hindari minum teh sebagaimana menghindari kopi. Karena, kandungan kafein dalam teh juga mampu menyebabkan gangguan tak terduga pada sistem kardiovaskular.

Minum teh dalam porsi rendah atau anda sesuaikan dengan kebutuhan tentu akan memberikan efek positif pada tubuh. Akan tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat memicu efek samping seperti yang telah dijelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *