Cara Merawat Rambut Kering dan Kusut Secara Alami

Kamu mungkin salah satu wanita yang memiliki masalah dengan rambut kering dan kusut yang bisa mengganggu kenyamanan juga penampilan secara keseluruhan. Untuk mengatasinya, kebanyakan dari kamu memiliki resep tersendiri dengan membeli beberapa produk penyehat rambut yang beredar di pasaran. Tapi, tahukah kamu jika ada resep dari bahan alam yang bisa menjadi trik atau Cara Merawat Rambut Kering dan Kusut Secara Alami. Berikut ini bahan-bahan yang perlu digunakan dan cara menggunakannya.

Cara Merawat Rambut Kering dan Kusut

Cara Merawat Rambut Kering dan Kusut

Minyak zaitun

Minyak zaitun yang sering digunakan dalam perawatan kulit dan menu diet mediterania ini, juga bisa memberikan manfaat nyata bagi kesehatan rambut yang bisa menghindari masalah rambut kering dan kusut. Caranya, oleskan minyak zaitun yang hangat pada rambut basah, diamkan hingga 5 menit. Setelah itu, keramas dengan shampo, bilas hingga bersih. Lakukan cara ini dalam 2 minggu sekali.

Minyak kelapa

Bukan hanya minyak zaitun, minyak kelapa pun bisa menjadi solusi anda dalam menata rambur agar tidak selalu kering dan kusut. Cara penggunaanya sama dengan menggunakan minyak zaitun.

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami paling terkenal yang digunakan untuk merawat rambut. Gel dari lidah buaya ini yang kemudian dioleskan pada rambut basah seperti halnya kamu keramas. Atau kamu juga bisa mengonbinasikannya dengan shampo.

Cuka apel

Cuka apel juga ternyata bisa membuat rambut tak mudah kering dan kusut. Caranya, campurkan 1 sendok minyak gandum dengan 1/2 cangkir cuka apel, lalu tambahkan air secukupnya. Keramas menggunakan shampo seperti biasanya, pakaikan ramuan cuka apel tadi dengan mengoleskan pada rambut. Diamkan selama 10 menit, baru bilas dengan air sampai bersih.

Simak juga : Tips Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Pisang

Pisang yang diolah menjadi masker rambut, dikatakan mampu mengatasi rambut rusak, bercabang, kering, dan kusut. Caranya, blender buah pisang secukupnya hingga halus. Tambahkan madu, aduk rata, oleskan di bagian rambut. Lalu, bungkus kepala menggunakan handuk atau pembungkus kepala lainnya. Biarkan antara 20-30 menit, keramas dengan shampo seperti biasa, bilas dengan air hingga bersih.

Telur

Telur terbukti bisa melembutkan rambut, membuatnya tidak kering dan tidak kusut lagi. Caranya, kocok 1 butir telur, oleskan ke bagian kulit kepala serta rambut, lakukan pijatan. Diamkan selama 15 menit. Untuk menghindari bau amis, anda bisa gunakan shampo, lalu bilas hingga bersih.

Madu

Madu yang memiliki nilai positif dalam mendukung kesehatan tubuh, juga bisa digunakan untuk menghilangkan rambut kering dan kusut. Caranya, kamu bisa gunakan madu alami setelah keramas seperti kondisioner. Lakukan seminggu sekali untuk hasil yang optimal.

Selain perawatan dari luar, kamu juga perlu melakukan perawatan dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B. Contohnya telur, pisang, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Kamu juga jangan mengeringkan rambut dengan cara yang kasar jika selesai keramasa. Nah itulah tips dari hargaalami.com, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *