Aktivitas Penyebab Tubuh Cepat Lelah

Setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda sesuai dengan usia, gender, serta kondisi tubuh saat itu. Namun tak sedikit orang cepat mengalami kelelahan hanya karena beberapa kebiasaan sehari-hari yang tidak dianggap ke dalam kriteria atau penyebab tubuh yang kelelahan.

Nah, untuk lebih jelasnya, simak beberapa Aktivitas Penyebab Tubuh Cepat Lelah berikut ini.

Aktivitas Penyebab Tubuh Cepat Lelah

aktivitas penyebab tubuh cepat lelah

Kurang minum air putih

Tubuh membutuhkan asupan cairan atau air putih untuk menunjang aktivitas sehari-hari, sehingga jika asupan tersebut tidak terpenuhi, maka akan membuat tubuh cepat lelah.

Melewatkan sarapan

Tidak banyak orang tahu mengenai manfaat penting tak melewatkan sarapan  yanh dapat meningkatkan konsentrasi, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengurangi kelelahan dan mengantuk.

Kurang asupan zat besi

Tubuh yang kekurangan zat besi akan mudah lelah, kepala pusing, dan perasaan gelisah yang tak menentu.

Kurang olahraga

Salah satu fungsi olahraga adalah untuk meningkatkan denyut jantung yang menyebabkan darah serta oksigen dan nutrisi tubuh dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. Hasilnya tubuh akan tetap fit tanpa merasa lelah.

Junk food

Junk food atau makanan cepat saji ini memberikan dampak yang berbahaya pada tubuh jika dikonsumsi dalam jangka panjang salah satunya obesitas. Selain itu, kandungan tidak seimbang dalam junk food ini akan mempercepat kelelahan pada tubuh.

Ketergantungan kafein

Walaupun pada dasarnya kafein memiliki manfaat untuk tubuh, namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan kurang teratur, akan mengakibatkan dampak buruk seperti gelisah, sakit kepala, gangguan pencernaa, gangguan buang air kecil, juga insomnia yang akan membuat kita lelah keesokan harinya karena kurang tidur.

Begadang di waktu weekend

Sebagian besar dari kita malah memanfaatkan weekend untuk begadang sehingga metabolisme tubuh terganggu dan mempercepat terjadinya rasa lelah. Sebaiknya anda luangkan waktu untuk istirahat agar tubuh kembali fit saat hari sibuk datang.

Ternyata memang benar adanya bahwa aktivitas yang dapat mempercepat datangnya lelah merupakan aktivitas yang biasa kita lakukan. Jadi, mulai dari sekarang sebaiknya anda meminimalisir kegiatan tersebut bahkan lebih baik untuk menghindari yang tidak memiliki manfaat.

 

Simak artikel bermanfaat lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *