8 Khasiat Buah Naga Merah dan Putih yang Paling Dicari

Harga Produk Alami | Jika dalam kurun beberapa tahun yang lalu, mungkin kita jarang bahkan tak pernah mendengar tentang buah naga. Tapi untuk era global seperti sekarang ini, buah naga tengah menjadi primadona dan banyak diminati masyarakat. Masyarakat pun banyak memanfaatkan buah naga ini sebagai pelepas dahaga dengan mengolahnya menjadi jus, campuran dalam minuman lain, sampai menjadi hiasan untuk kue tart.

Di balik semua itu, alasan mengapa buah naga sekarang ini banyak dicari dan diminati adalah karena khasiatnya yang telah diteliti olah para pakar kesehatan, baik untuk buah naga merah maupun buah naga putih khasiatnya cenderung sama. Seperti apakah khasiat buah naga merah dan putih yang paling dicari ini ? Simak selengkapnya !

Khasiat dan Manfaat Buah Naga

 

khasiat buah naga merah dan putih (FILEminimizer)
Mencegah kanker

Buah naga dikenal dengan kandungan antioksidan tinggi, salah satunya vitamin C. Vitamin C diyakini dapat mencegah kerusakan sel atau DNA yang diakibatkan oleh radikal bebas pencetus kanker. Dalam setiap 100 gr buah naga, memenuhi sekitar 20% kebutuhan vitamin C harian dalam tubuh. Padahal buah naga tersebut memiliki berat sekitar 400 gr, sehingga hanya dengan mengonsumsi buah naga tak habis 1 buah puan, kebutuhan vitamian C dalam sehari sudah terpenuhi. Selain itu, ada pula kandungan serat, vitamin B2, Fosfor dan Kalsium dalam buah naga yang dapat membantu pengeluaran racun logam dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab kanker.

Mencegah dan mengobati diabetes

Buah naga yang kaya serat dan rendah gula ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan adanya kandungan Vitamin B3 dalam buah naga ini dapat mencegah dan mengobati diabetes tipe 1 dan 2, karena ia dapat membantu mengontrol gula darah agar tetap seimbang.

Menurunkan kolesterol dan menyehatkan jantung

Buah naga dikenal mampu menghasilkan kolesterol HDL (baik) untuk menghadang dan menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat), hal ini tentu akan memberikan dampak baik pula untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung. Bahkan adanya kandungan Phytochemical Captin pada buah naga membuatnya sangat diyakini dapat menjaga jantung agar tetap sehat.

Menyehatkan tulang dan darah

Kalsium dan zat besi juga ditemukan ada di dalam buah naga yang dapat membantu menyehatkan tulang serta darah dalam tubuh.

Baca juga : 5 Rempah Berkhasiat untuk Kesehatan

Meningkatkan nafsu makan

Bagi yang memiliki masalah pada nafsu makan terutama anak-anak, buah naga menjadi solusi alternatif untuk permasalahan tersebut karena ia memiliki kandungan Vitamin B1 dan B2 yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

Melancarkan buang air besar

Serat yang ada di dalam buah naga juga dapat memberikan manfaat untuk melancarkan buang air besar. Ada yang menyarankan untuk mengonsumsi buah naga dalam bentuk jus, bagi yang memiliki masalah sulit buang air besar.

Menyehatkan mata

Seperti halnya wortel, buah naga juga memiliki kandungan beta karoten yang dapat membantu menyehatkan mata. Bahkan nilai betakaroten dalam 100 gr buah naga sama dengan yang ada di dalam 100 gr wortel.

Menurunkan berat badan

Satu lagi khasiat dari serat dalam buah naga, yaitu dapat menurunkan berat badan secara cepat. Karena seperti yang dijelaskan, buah naga ini dapat melancarkan buang air besar dan rendah kalori serta gula, sehingga efektif untuk anda yang sedang diet.

Semakin banyak khasiat dan manfaat buah naga yang ditemukan, semakin banyak pula masyarakat yang mngincarnya, bahkan buah ini sangat aman dikonsumsi anak-anak berbagai usia dan ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *