8 Fakta Unik dan Menarik Tentang Kentut

Harga Produk Alami | Ketika membahas masalah kentut, mungkin anda akan segera mengerutkan kening, merasa bahwa hal tersebut tak enak untuk dibicarakan. Namun tak ada salahnya jika saat ini anda lebih dalam mengetahui apa itu kentut dan bagaimana fakta-fakta menarik seputar kentut yang dinilai menyehatkan ini ? Berikut penjelasan lengkapnya !

8 Fakta Unik dan Menarik Tentang Kentut

 

fakta unik dan menarik kentut

Definisi kentut

Kentut atau fart bisa terjadi akibat adanya udara yang terjebak dalam tubuh. Udara tersebut bisa masuk saat sedang minum, menelan, atau mengunyah makanan, kemudian merembes ke dalam usus dan dibawa oleh darah.

Gas kentut ini mengandung 59% nitrogen, 21% hidrogen, 9% karbondioksida, 7% metana, dan 4% oksigen. Selain itu, kentut bisa menimbulkan suara akibat dari getaran rektun dengan tingkat kenyaringan yang berbeda sesuai tekanan gas dan otot sfingter.

Kentut berbau, mengapa ?

Kentut yang berbau disebabkan oleh adanya kandungan sulfur di dalam gas kentut. Ada beberapa makanan yang ketika dikonsumsi bisa mengakibatkan kentut yang berbau busuk, yaitu kacang-kacangan, telur, keju, kubis, dan soda.

Rata-rata orang kentut 14 kali dalam sehari

Dalam rata-ratanya, orang bisa menghasilkan kurang lebih setengah liter kentut setiap harinya, dan wanita rupanya lebih sering kentut dibandingkan pria. Hal yang paling menakjubkan adalah jika seseorang kentut selama 6 tahun 9 bulan, ia akan memproduksi gas yang sama dengan energi bom atom.

Kentut keluar dengan cepat

Kecepatn kentut sangat luar biasa, yaitu sekitar 10-15 detik dan baunya akan cepat hilang.

Baca juga : 5 Tips Sehat Agar Anda Tetap Fokus

Bahaya menahan kentut

Kentut dikatakan sehat karena merupakan salah satu kegiatan alami dari sistem pencernaan, sehingga ketika menahannya, anda akan merasakan masalah perut kembung dan gejala tidak nyaman di perut.

Ada budaya yang menyukai bau kentut

Di Cina, anda akan mendapatkan pekerjaam dengan mudah jika anda kentut berbau busuk. Mereka percaya jika kentut yang berbau busuk tersebut menunjukan jika anda adalah orang yang profesional. Sedangkan di Roma kuno, Kaisar Claudius mengesahkan UU (undang-undang) yang mengatakan jika kentut bisa diterima dengan baik saat penjamuan.

Kentut mudah terbakar

Kentut dikatakan mudah terbakar karena mengandung gas metana dan hidrogen.

Orang bisa kentut setelah meninggal

Kentut ternyata tak hanya bisa di alami oleh orang yang masih hidup saja. Seseorang yang telah meninggal dalam 3 jam, bisa mengeluarkan kentut ataupun sendawa. Hal ini disebabkan oleh kontraksi otot.

Itulah 8 fakta unik dan menark dari kentut yang sangat tabu untuk dibahas dan diperbincangkan. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *