7 Khasiat Teh Hijau untuk Fungsi Tubuh

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak pula bermunculan produk-produk makanan dan minuman yang digembor-gemborkan dapat memberikan manfaat tertentu. Bukannya mensabotase, tapi alangkah baiknya jika kita lebih memilih konsumsi minuman yang langsung diracik sendiri dan yang tentunya sudah pasti bebas dari bahan pengawet dan pewarna.

Salah satu minuman yang paling banyak direkomendasikan adalah teh hijau, minuman sehat yang dapat memberikan manfaat untuk menjaga dan meningkatkan fungsi tubuh. Untuk lebih jelasnya, simak disini !

7 Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan

 

7 Khasiat Teh Hijau untuk Fungsi Tubuh

Menyegarkan nafas

Teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan peradangan gusi dan bau mulut.

Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Teh hijau mengandung tanin yang dapat mengurangi kadar kolesterol Ldl (jahat) tinggi dalam tubuh yang dapat memicu munculnya penyakit lain seperti jantung dan stroke.

Menyahatkan kulit

Sudah bukan rahasia lagi jika teh hijau sering menjadi salah satu bahan alam untuk menyehatkan dan mempercantik kulit. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki banyak senyawa aktif bermanfaat, salah satunya Polifenol yang dapat membantu memperlambat munculnya tanda penuaan.

Membantu mengurangi reaksi alergi

Di dalam teh hijau, ditemukan EGCG yang menghasilkan histamin dan imunoglobulin yang ternyata dapat merespon alergi, sehingga dapat membantu mengurangi reaksi alergi.

Baca juga : Inilah Beberapa Khasiat Daun Seledri untuk Kebutuhan Tubuh

Efektif untuk penderita diabetes

Teh hijau dikenal memiliki antioksidan yang dapat menghambat sekresi enzim alpha-glucosidase yang dapat memperlambat penyerapan glukosa darah.

Mencegah arthritis

Teh hijau diyakini dapat melindungi tulang rawan dengan jalan menghalangi produksi enzim kemokin yang dapat menghancurkan fleksibilitas tulang rawan, penyebab arthritis.

Mengurangi depresi dan stres

Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh American Botanical Council, mengungkapkan bahwa orang tua yang minun teh hijau setiap hari, memiliki risiko kecil untuk depresi. Selain itu, teh hijau juga mengandung Theanine yang dapat mengurangi stress dan depresi.

Itulah beberapa manfaat dari konsumsi atau penggunaan teh hijau yang dilakukan secara tepat dengan batasan tertentu, tidak lebih tidak kurang. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *