7 Khasiat Konsumsi Madu Secara Rutin

Harga Alami | Siapa sih yang tak kenal dengan si manis kental yang satu ini ? Madu, hasil alam yang memberikan banyak manfaat untuk manusia dan yang paling banyak diketahui sebagai suplemen penambah daya tahan tubuh agar tubuh tak mudah sakit.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, madu juga sering dikolaborasikan dengan bahan-bahan alam lainnya, sehingga mampu menciptakan ramuan sehat yang tiada banding. Dan untuk mengetahui lebih lanjut apa saja khasiat mengonsumsi madu secara teratur, di artikel ini kami akan uraikan untuk anda.

7 Khasiat Konsumsi Madu Secara Rutin

 

khasiat konsumsi madu secara rutin
Meringankan dan menghilangkan batuk

Dalam sebuah studi yang pernah dilakukan, anak-anak yang minum 2 sendok teh madu sebelum tidur sekitar 30 menit, batuk yang mereka alami akan berkurang dibandingkan dengan mereka yang tidak minum madu. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan Dekstrometorfan (DM) yang dapat meringankan batuk pada anak-anak saat malam hari serta meningkatkan kualitas tidur mereka.

Menghilangkan luka

Pada penelitian yang dilakukan di Norwegia, terapi madu Medihoney (madu dari Selandia Baru hasil pemurnian khusus), mampu membunuh berbagai bakteri yang ada pada luka, dan luka pun berangsung-angsur pulih.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Madu memiliki nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh, sehingga diyakini efektif menjadi sumber makanan penting dalam menjaga serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca juga : 5 Buah dan Sayur Ini Lebih Baik Dimakan dengan Kulitnya

Mengontrol gula darah

Walaupun madu memiliki rasa yang manis dengan memiliki kandungan gula, ia justru sama sekali tak dapat memengaruhi atau meningkatkan risiko diabetes. Karena madu memeliliki indeksi hipoglikemik rendah yang malah memberikan kemampuan dalam mengontrol kadar gula darah.

Melenyapkan alergi

Walaupun belum teruji secara klinis, namun para ahli meyakini jika madu memiliki kandungan jejak serbuk sari bunga serta paparan alergen yang berinteraksi memerangi alergi.

Meningkatkan daya ingat

Berdasarkan penelitian yang telah dilansir oleh Reuters, sekitar 102 wanita yang menopause diharuskan untuk minum 20 gram madu setiap hari. Sesudah 4 bulan, para wanita yang minum madua tersebut memberikan dampak pada daya ingat jangka pendeknya.

Mencegah penyakit jantung dan kanker

Flavonoid dalam madu, menjadi antioksidan paling penting dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan berbagai jenis kanker.

Itulah 7 khasiat konsumsi madu secara rutin yang perlu anda ketahui agar bisa menjadi solusi kesehatan anda di kemudian hari.

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *