7 Khasiat dan Manfaat Bunga Mawar yang Menakjubkan

Bunga mawah sering dianggap sebagai lambang cinta. Ketika seorang pria menyukai seorang wanita, ia akan memberikan ketulusan cinta lewat sekuntum atau seikat bunga mawar. Di balik keromantisan bunga mawar, tersimpan beberapa khasiat dan manfaat yang bisa menunjang fungsi tubuh agar bisa bekerja secara optimal. Seperti apakah manfaat bunga mawar untuk tubuh ? Simak selengkapnya hanya di herbalalami.com.

Khasiat dan Manfaat Bunga Mawar

 

manfaat bunga mawar

Menjaga kesehatan kulit

PH kulit yang stabil menjadi syarat agar kulit tetap sehat dan terawat, salah satu cara yang paling alami dan banyak digunakan yaitu dengan air bunga mawar. Air bunga mawar ternyata memang diyakini dapat membantu perawatan kulit dalam kondisi kering maupun berminyak, hal ini dikarenakan bunga mawar tersebut memiliki kandungan Vitamin E yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

Menyehatkan rambut

Selain kulit, air bunga mawar juga menjadi salah satu jenis solusi untuk membantu perawatan rambut agar tetap sehat dan lembab. Cara yang bisa kita gunakan yaitu dengan menuangkan beberapa tetes air bunga mawar bersama shampo saat sedang keramas.

Menyehatkan mata

Mata lelah yang bisa menimbulkan kantung mata hitam menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi kaum wanita. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan air bunga mawar yang bisa membantu menghilangkan kantung mata sekaligus menghilangkan mata merah.

Mengatasi kaki bengkak

Kaki bengkak biasanya terjadi akibat permasalahan pada persendian, baik karena penyakit tertentu ataupun akibat cedera. Salah satu cara yang bisa digunakan dan terbilang unik, yaitu dengan bunga mawar.

Baca juga : Ternyata Ini 6 Manfaat Konsumsi Bunga Pepaya

Cara meramunya yaitu dengan merebus 2-3 bunga mawar, 30 gr daun sembung, serta 600 ml air. Hasil rebusan tersebut diminum 2 kali sehari.

Menghilangkan stres

Aroma khas yang dihasilkan oleh bunga mawar dapat memberikan ketenangan. Dengan menghirup aroma bunga mawar ini, stress akibat ketegangan saraf, psikosomatis, serta penyakit jantung, bisa lenyap dengan mudah.

Menguatkan saluran pencernaan

Bunga mawar juga diyakini dapat memberikan manfaat untuk menguatkan saluran pencernaan. Ia dapat menghilangkan limbah pencernaan yang ada di usus, sehingga pencernaan berfungsi dengan baik dan tetap sehat.

Melancarkan haid

Bunga mawar juga dipercaya dapat melancarkan haid, khususnya untuk kita yang memiliki masalah siklus haid yang tidak teratur. Cara pemanfaatan bunga mawar untuk melancarkan haid yaitu, siapkanlan 15 gr bunga mawar, bunga asoka, dan 90 gr lidah buaya. Bersihkan terlebih dahulu semua bahan, kemudian rebus bersama air 600 cc, sampai sisanya 200 cc. Saring, kemudian minum 2 kali sehari setelah makan.

Luar biasa, mungkin kebanyakan dari kita ini tak pernah menduga jika mawar sang lambang cinta justru memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *