7 Khasiat dan Manfaat Apel yang Difavoritkan

Apel, menjadi salah satu buah yang paling difavoritkan karena rasanya yang khas dan manfaatnya yang kini mulai dikenal luas untuk mencegah dan mengobati berbagai gangguan kesehatan karena kandungan antioksidan apel yang cukup tinggi untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

Khasiat dan Manfaat Apel yang Difavoritkan

 

khasiat dan manfaat apel (FILEminimizer)

Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Apel yang dikonsumsi secara langsung diyakini dapat merangsang produksi air liur yang dapat menjadi solusi untuk membersihkan mulut. Selain itu, apel juga memiliki zat Tanin yang dapat membersihkan plak perusak gigi serta gusi.

Melancarkan sistem pencernaan

Serat yang ada di dalam apel membuatnya menjadi salah satu solusi untuk gangguan pencernaan, seperti sembelit maupun diare.

Melindungi kesehatan tulang

Apel juga mengandung flavonoid yang dapat mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca menopause dan sangat efektif mencegah masalah sendi, salah satunya rematik.

Mengontrol kadar gula darah

Kandungan Galacturonic acid pada apel membuatnya mampu meningkatkan produksi hormon insulin, sehingga sangat efektif dalam hal mengontrol kadar gula darah.

Baca juga : 8 Khasiat Buah Naga Merah dan Putih yang Paling Dicari

Menurunkan kolesterol dan menyehatkan jantung

Senyawa fenolik yang ditemukan pada kulit buah apel, membuatnya efektif dalam memperkuat dinding arteri serta menghadang kolesterol ldl masuk dalam darah. Hal ini tentunya dapat menurunkan risiko penimbunan plak dalam arteri dan penyakit jantung.

Menjaga kesehatan otak

Berbagai penelitian membuktikan jika apel dapat melindungi sel-sel neuron untuk mencegah stres dan mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, salah satu contohnya adalah penyakit alzheimer.

Mencegah dan mengobati kanker

Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell University, ditemukan adanya senyawa triterpenoids dalam buah apel yang dapat menghambat sel kanker yang masuk dan akan berkembang dalam tubuh. Alhasil penyakit kanker pun bisa terhindarkan dengan baik.

Walaupun sekarang ini tengah banyak olahan dari apel, namun alangkah lebih baik jika kita konsumsi apel secara langsung tanpa proses pengolahan terlebih dahulu, dengan syarat apel tersebut harus dicuci bersih terlebih dahulu untuk menghilangkan pestisida yang menempel pada apel. Semoga bermanfaat 🙂

By Harga Produk Herbal Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *