6 Tips Tepat Sehatkan Mata Sepanjang Usia

Keindahan dunia bisa kita lihat berkat mata. Sekecil dan sebesap apapun objek di sekitar kita tak lupus dari peranan mata. Begitu luar biasanya sang pencipta memberikan kita sepasang mata untuk menikmati segala bentuk ciptaannya yang lain. Sebagai rasa syukur kita, tentunya kita harus bisa menjaga mata titipan-Nya dengan sebaik mungkin sampai tua. Jika anda tahu bagaimana cara yang paling pas untuk menjaga dan merawat mata ? admin bagikan 6 cara tepat sehatkan mata sepanjang usia berikut ini !

6 Tips Tepat Sehatkan Mata

cara menjaga kesehatan mata
Mengonsumsi makanan sehatkan

Untuk menjaga agar mata tetap sehat sampai tua, anda harus memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Omega 3, Zinc, dan Lutein. Komponen ini terbukti mampu menjauhkan mata dari degenerasi makula serta katarak.

Selain itu, anda juga harus menerapkan pola makan yang baik agar terhindar dari diabetes tipe 2 serta obesitas. Hal ini dikarenakan, kedua masalah tersebut bisa memicu gangguan pada mata bahkan sampai pada kebutaan.

Berhenti merokok

Untuk mendapatkan mata yang lebih sehat, sebaiknya anda mulailah berhenti merokok. Karena merokok dapat menyebabkan meningkatkan risiko kerusakan saraf-saraf optik, katarak, sampai degerenasi pada mata.

Memakai kacamata anti UV

Memakai kacamata hitam saat berada di bawah sinar matahari mungkin akan memiliki kesan “gaya”, namun rupanya cara tersebut memberikan efek positif pada mata. Mata akan terlindung dari paparan sinar UVA dan UVB yang dapat meningkatkan risiko katarak serta degenerasi makula.

Baca juga : 5 Kombinasi Salah Antara Makanan dan Obat

Memakai pelindung mata saat bekerja

Bagi mereka yang bekerja dengan paparan material berbahaya untuk mata, penggunaan pelindung mata sangat dianjurkan. Contohnya saja pada pekerja las.

Jangan terlalu lama menatap layar komputer

Terlalu lama menatap layar komputer bisa menyebabkan nyeri punggung, mata lelah dan kering, pandangan kabur, serta nyeri leher dan bahu. Namun, jika pekerjaan yang menuntut anda harus menatap layar komputer berjam-jam, pastikan jarak pandangan 35 cm dari layar komputer, duduk dengan nyaman, istirahatkan mata sekitar 20 detik setiap 20 menit sekali.

Rajin periksa ke dokter mata

Memeriksa mata pada dokter bukan hanya dilakukan ketika mata mengalami masalah, karena konsultasi dan pemeriksaan mata dibutuhkan dari sejak kecil. Hal tersebut bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan dan kesehatan mata. Mengenal pula kondisi rabun jauh, rabun dekat, silinder, bahkan glaukoma yang sering tidak memiliki gejala yang pasti.

Mengetahui kondisi mata sejak dini akan memudahkan pengobatan yang harus dilakukan, sehingga mara akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai ancaman yang membahayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *