6 Penyakit yang Disebabkan Oleh Stress

6 penyakit yang disebabkan stress

Ketika masalah pribadi dalam kehidupan membuat anda cemas, stress, dan depresi, sebaiknya segera lakukan antisipasi untuk mencegah beberapa gangguan kesehatan yang bisa muncul ketika stres menyerang. Karena menurut beberapa penelitian ada beberapa penyakit yang bisa muncul ketika kita mengalami stres, yang antara lain :

Sakit kepala

Sakit kepala bisa muncul ketika pikiran sedang kacau atau stress. Hal ini disebabkan karena ketika stress, otak dalam tempurung kepala akan bekerja lebih keras dari biasanya sehingga memicu terjadinya sakit pada bagian tersebut. Ketika stress, sering sekali kita mendapati atau merasakan sakit kepala sebelah atau sakit kepala berat.

Insomnia

Stress juga bisa mengganggu kualitas tidur anda. Ketika pikira sedang penat atau stres, anda akan merasakan kecemasan yang berlebihan dan membuat sulit memejamkan mata. Hal ini diakibatkan karena produksi adrenalin meningkat dan memicu kewaspadaan serta membuat anda tetap terjaga.

Tekanan darah tinggi

Stres juga ternyata memicu terjadinya tekanan darah tinggi yang berujung pada penyakit kardiovaskular jika tidak ditangani dengan baik.

Baca juga : 5 Alasan Jatuh Cinta Baik untuk Kesehatan

Penyakit asam lambung

Ketika anda stres, akan muncul masalah pada pencernaan, salah satunya naiknya asam lambung. Hal ini dipicu oleh seseorang yang cenderung ingin makan lebih banyak dan mengonsumsi minuman beralkohol yang dapat membuat masalah pada asam lambung.

Masalah pada haid

Masalah yang muncul pada kaum wanita dari stres, salah satunya yaitu haid yang tidak lancar dan mengganggu siklus haid anda. Selain itu, stres juga dapat membuat nyeri ketika haid akan berlangsung lebih berat.

Diabetes

Ketika stres, tubuh akan banyak memproduksi hormon kortisol dan epinephrine. Hormon inilah yang akan memicu liver menghasilkan lebih banyak glukosa yang tak bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Akhirnya, kelebihan gula darah dalam tubuh ini menjadi pertanda anda mengaalami penyakit diabetes tipes 2.

Dengan mengetahui beberapa penyakit yang bisa menyerang tubuh akibat stress, sebaiknya mulai dari sekarang hindari stress atau setidaknya kelola dengan baik agar tidak memicu efek samping yang merugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *