6 Obat yang Pantang Dikonsumsi Ibu Hamil

Harga Alami | Ketika sedang hamil, bunda harus lebih memerhatikan obat-obatan yang dikonsumsi. Karena ada beberapa jenis obat yang memiliki kandungan tertentu dan sebaiknya bunda hindari untuk mencegah terjadinya efek samping atau dampak buruk pada janin dalam kandungan. Berikut ini beberapa obat yang kami maksud untuk dihindari para ibu hamil sesuai yang dikemukakan oleh dr. Febriansyah Darus, SpOG, di antaranya :

6 jenis obat yang pantang diminum ibu hamil

Pseudoefedrin

Pseudoefedrin biasanya menjadi kandungan yang ada di dalam beberapa jenis obat flu dengan kinerja untuk melegakan pernapasan yang tersumbat lendir. Pseudoefedrin juga dapat merelaksasikan otot polos bronkus melalui stimulasi syaraf simpatik. Obat yang memiliki kandungan Pseudoefedrin sebaiknya jangan dikonsumsi oleh ibu hamil, karen akan memicu risiko terjadinya gangguan pada pembentukan perut bayi.

Tetracycline

Tetracycline merupakan salah satu jenis antibiotik yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit akibat tumbuh kembangnya bakteri dalam tubuh. Obat dnegan kandungan Tetracycline ini harus diwaspadai, karena dapat memicu kerusakan pada proses pertumbuhan gigi bayi. Bayi akan memiliki gigi berwarna hitam, bahkan kondisi ini akan terus berlangsung sampai ia dewasa

Retinoic Acid

Retinoic Acid atau juga dikenal dengan asam Retinoat, biasanya ditemukan pada kosmetik ata beberapa jenis obat yang perlu dihindari. Karena, kandungan ini dapat memicu timbulnya kelahiran bayi cacat.

Baca juga : Tips Cerdas Memilih Obat Warung untuk Dikonsumsi

Thalidomide

Thalidomide juga masuk ke dalam jajaran kandungan obat yang harus dihindari penggunaanya selama kehamilan, dalam dosis kecil sekalipun. Hal ini dikarenakan Thalidomide dapat mengakibatkan bayi tidak punya tangan dan kaki, bahkan telinga. Biasanya kandungan Thalidomide ditemukan pada obat penghilang mual dan muntah saat kehamilan, juga menjadi jenis obat generasi lama.

Streptomisin

Streptomisin merupakan antibiotik yang biasanya ditemukan beberapa obat TBC. Namun, ketika dikonsumsi ibu hamil, obat tersebut akan berbahaya karena memicu terjadinya gangguan pendengaran pada bayi.

Analgesik

Analgesik seperti antipiretik dan antiplatelet asetosal harus diwaspadai, dan sebaiknya dihindari ibu hamil terutama pada trimester 3. Hal ini disebabkan, analgesik bisa memicu terjadinya pendarahan hebat pada saat persalinan, serta menimbulkan risiko hipertensi pada bayi yang baru lahir.

Itulah beberapa kandungan dalam obat yang memang sebaiknya bunda hindari ketika masa kehamilan. Dan alangkah lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter jika bunda mengalami berbagai keluhan selama kehamilan untuk mendapatkan solusi yang aman dan tepat untuk bunda dan janin dalam kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *