6 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kesehatan Otak

Tidur yang cukup, sekitar 7 sampai 9 jam setiap malam seperti yang direkomendasikan oleh National Sleep Foundation, ternyata bukan hanya mencegah timbulnya kantuk di keesokan harinya, namun juga berdampak positif pada kesehatan tubuh dan otak.

Sebagaimana yang telah diungkapkan oleh situs besar liputan6.com, ada sekitar 6 manfaat tidur yang cukup untuk kesehatan otak. Berikut penjelasan lengkapnya !

6 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Otak

 

manfaat tidur cukup untuk kesehatan otak

Mempertajam memori otak

Tidur dengan durasi yang cukup, dapat memberikan nilai positif pada peningkataan dan ketajaman memori otak yang akan menghindari penuaan otak usia dini.

Membantu mengambil keputusan

Para ahli mengungkapkan, bahwa pikiran bawah sadar atau ketika mereka tengah tidur, akan membantu anda untuk bisa mengambil keputusan yang lebih akurat. Jika anda kurang tidur, tentu hal ini akan berdampak pada pengambilan keputusan tersebut.

Menjadi lebih fokus

Penelitian juga menunjukan bahwa tidur yang cukup bisa membantu anda tetap waspada dan fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bahkan ketika anda terbiasa untuk tidur siang, hal ini bisa meningkatkan fokus pembelajaran dan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Membersihkan pikiran

Pada ilmu saraf, ada sebuah fakta yang mengungkapkan bahwa otak manusia harus dibersihkan dari berbagai sampah atau pikiran buruk dalam otak. Dengan Tidur yang cukup, bisa menjadi solusi untuk membantu otak membuang segala bentuk sampai atau pikiran negatif yang menumpuk.

Simak juga artikel ini : 7 Tips Sederhana Mengatasi Keringat Berlebih

Memperbaiki suasana hati

Pada sebuah studi yang dilakukan di September 2015 lalu, kurang tidur akan membuat seseorang mengalami kesulitan mengatur emosinya, sehingga ia akan lebih sensitif dan mudah marah.

Meningkatkan kesehatan mental

Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang kurang tidur dalam jangka panjang, akan memicu risiko depresi. Bahkan ada yang mengatakan jika efek kurang tidur juga bisa dirasakan keesokan harinya dengan kondisi mood yang buruk serta mudah stress. Jika hal ini terjadi. anda bisa mengatasinya dengan cara melakukan meditasi.

Jadi, masih mau begadang nih ? Padahal tidur yang cukup memberikan manfaat yang tak terduga untuk kesehatan tubuh maupun otak.

By Harga Produk Herbal Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *