6 Manfaat Konsumsi Kurma Saat Buka Puasa

Harga Produk Alami | Sebagaimana sunah dari Rasul, saat buka puasa hendaknya perut anda isi dengan makanan yang manis untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa, menahan lapar dan dahaga. Tapi, alangkah baiknya jika makanan pembuka tersebut tak mengandung pemanis buatan yang nantinya akan berbalik memberikan efek samping pada tubuh. Salah satu makanan manis alami yang banyak diminati masyarakat dan menjadi tuntunan Rasul yaitu kurma.

Kurma yang memiliki rasa manis ini menjadi menu andalan saat buka puasa dengan paduan air putih sesuai kebutuhan. Mengapa harus kurma ? Apakah kurma memliki manfaat atau keistimewaan tersendiri saat kita konsumsi di buka puasa ?

6 Manfaat Konsumsi Kurma Saat Buka Puasa

 

manfaat konsumsi kurma saat buka puasa (FILEminimizer)

Mudah dicerna

Konsumsi kurma saat buka puasa tidak akan mengagetkan perut karena kurma ramah dengan pencernaan serta mudah dicerna. Kurma akan mengaluarkan zat yang dapat mangaktifkan sistem pencernaan yang telah beristirahat selama 12 jam lebih.

Menghilangkan lapar

Dengan mengonsumsi kurma sekitar 1 sampai 3 biji saat berbuka, akan menghilangkan lapar setelah berpuasa. Kurma memberikan efek mudah kenyang, sehingga kita bisa menunda makan besar setelah menjalankan shalat magrib.

Mengandung serat yang tinggi

Serat yang cukup tinggi dalam kurma menjadi jawaban mengapa ia memberikan peranan positif pada pencernaan. Hal ini juga membuat kurma dapat mencegah anda mengalami sembelit di bulan puasa.

Baca juga : 5 Cara Tepat Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Mengandung gula alami

Kurma memiliki kandungan gula alami yaitu glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah yang mengalami penurunan saat puasa. Namun hal ini tentunya tak membuat penderita diabetes mengalami bahaya, asalkan konsumsi pada batasan tertentu.

Sumber energi

Kandungan gula alami yang ada dalam kurma juga dapat menjadi sumber energi atau tepatnya mengembalikan energi setelah berpuasa seharian.

Menyeimbangkan keasaman darah

Kurma juga mampu menyeimbangkan kadar keasaman darah yang biasanya mengalami peningkatan saat berpuasa. Hal tersebut dikarenakan konsumsi daging serta karbohidrat saat sahur atau buka puasa.

Itulah mengapa kurma selalu dianjurkan menjadi menu awal buka puasa yang paling pas. Dan sepertinya sebentar lagi kurma akan hadir di pasar-pasar atau supermarket terdekat, mengingat bulan puasa/Ramadhan tinggal beberapa minggu lagi. Salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *