6 Manfaat Kolang-kaling yang Tak Banyak Diketahui

hargaalami.com |  Tak terasa, kurang lebih 1 bulan lagi kita akan melangkah menuju Bulan Ramadhan. Bulan suci yang dikenal dengan bulan puasa ini senantiasa diisi dengan beragam kegiatan keagamaan (islam). Mendengar kata puasa, langsung ingat dengan makanan yang selalu hadir di saat buka, salah satu nya kolang-kaling.

Kolang-kaling ini bisa diolah menjadi begaram jenis. Bagaimana pun olahannya, kolang-kaling katanya memberikan manfaat tersendiri ketika kita mengonsumsinya loh ! Ini penjelasannya …

6 Manfaat Kolang-kaling

manfaat kolang-kaling
Membantu melancarkan pencernaan

Kolang-kaling diyakini dapat membantu melancarkan pencernaan, karena kandungan serat yang dimilikinya. Pencernaan yang lancar akan membuat fungsi tubuh lebih optimal karena sampah makanan yang ada dalam tubuh telah dibuang dengan cara yang tepat.

Mengatasi radang sendi

Menurut penelitian, karbohidrat yang disebut galaktomannan dalam kolang-kaling dapat mengurangi rasa nyeri yang sering timbul akibat radang sendi yang dialami. Bahkan, kandungan yang ada dalam kolang-kaling tersebut telah menjadi bahan obat radang sendi. Cobalah untuk makan 100-200 gr kolang-kaling tanpa campuran gula atau pewarna makanan di setiap harinya. Rasakan manfaatnya bahwa kolang-kaling bisa membantu gangguan persendian yang menyiksa.

Menjaga kesehatan tulang

Kalsium yang cukup tinggi dalam kolang-kaling membuatnya dapat dipercaya sangat efektif dalam membantu pertumbuhan tulang serta mencegah osteoporosis. Dari sekitar 100 gram kolang-kaling, ada sekitar 91 miligram Kalsium.

Baca juga : Manfaat Gerakan Shalat untuk Kesehatan Jasmani

Membantu mengobati Gatal

Sebelum diolah menjadi kolang-kaling, buah aren ini memiliki getah yang akan terasa gatal jika terkena kulit. Namun rupanya, ketika telah berubah menjadi kolang-kaling yang telah diolah dengan baik, justru akan membantu mengobati gatal. Hal ini dibuktikan oleh beberapa orang yang mengalami gatal. Setelah makan kolang-kaling, gatal nya berkurang dan lama-lama hilang. Tapi, manfaat ini belum diteliti secara pasti.

Membantu program diet

Kolang-kaling memiliki kandungan gelatin yang memberikan efek kenyang dan menekan nafsu makan berlebihan. Sehingga, program diet yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.

Sumber Vitamin

Kolang-kaling memiliki kandungan vitamin lengkap, yaitu vitamin A, B dan C. Mereka semua memiliki manfaat luar biasa. Sesuai urutannya yaitu menjaga fungsi mata, baik sel-sel tubuh, dan mencegah sariawan serta menjaga daya tahan tubuh.

Dengan mengetahui manfaatnya, semakin semangat makan kolang-kaling di menu buka saat Ramadhan nanti yah ! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *