6 Cara Mengatasi Hipertensi Tanpa Obat

Tak hanya berfokus pada obat yang diresepkan dokter saja ketika anda ingin benar-benar sembuh dari suatu penyakit, gaya dan pola hidup pun memiliki peran penting disini. Salah satunya pada penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Ketergantungan pada beberapa jenis obat-obatan tertentu, terlebih obat kimia, akan memiliki efek samping jangka panjang. Nah untuk mendapatkan kesembuhan dari hipertensi dengan menyeimbangkan konsumsi obat agar tak berlebihan, anda bisa mengikuti cara mengatasi hipertensi tanpa obat berikut ini !

6 Cara Mengatasi Hipertensi Tanpa Obat

cara mengatasi hipertensi tanpa obat

Tidur 7 jam

Menurut penelitian, orang yang tidur 5 jam atau kurang pada malam hari, akan memiliki risiko hipertensi lebih tinggi. Kurang tidur akan memicu munculnya hormon stress yang mengarah pada hipertensi. Tidur dalam waktu 7 jam pada malam hari menjadi solusi untuk mencegah dan mengatasi hipertensi.

Kurangi garam

Garam menjadi pemicu munculnya hipertensi, karena garam akan membuat tubuh menahan air yang memicu peningkatakan pada tekanan darah. Bukan hanya itu, konsumsi garam berlebih juga dapat membuat obat hipertensi yang anda konsumsi tidak bekerja dengan baik.

Olahraga 150 menit per minggu

Olahraga dalam waktu 150 menit atau 2,5 jam seminggu seperti latihan aerobik yang kuat bisa memberikan manfaat dalam mengurangi hipertensi, jantung, serta penyakit kardiovaskular lainnya.

Simak juga artikel ini : Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kesehatan Otak

Meditasi 10 menit per hari

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, mempunyai sikap positif pada kehidupan, menjaga pikiran bebas dari stres atau depresi, serta melakukan cara-cara untuk mengatasi stress, menjadi hal penting untuk membatasi hipertensi. Meditasi pun menjadi salah satu solusi untuk hilangkan stres dan menurunkan risiko hipertensi. Anda bisa melakukan meditasi 10 menit per hari.

Konsumsi buah dan sayur

Buah sayuran menjadi sumber Vitamin dan Mineral yang dibutuhkan tubuh. Salah satunya kandungan Kalium yang tinggi dan Sodium yang rendah dapat mengimbangi efek negatif garan yang menjadi pemicu hipertensi.

Diet sehat

Anda yang memiliki badan gemuk atau obesitas, memiliki risiko peningkatan jaringan lemak dan resistensi pembuluh darah untuk meningkatkan kerja jantung. Hal ini akan memengaruhi tekanan darah yang cenderung lebih tinggi dari biasanya. Diet sehat dengan asupan makanan yang rendah Sodium dan tinggi serat serta Kalium dapat menjadi solusi untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Nah, semoga 6 cara sehat di atas dapat benar-benar membantu kesembuhan anda dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *