5 Tips Mudah Mengatasi Telinga Berdengung

Apakah anda pernah merasakan telinga berdengung ? Banyak orang yang mengatakan jika telinga yang berdengung ini akibat nama kita yang sedang dibicarakan oleh Rasullullah SAW, mengenai kebaikan yang pernah kita lakukan.

Namun secara ilmiah, gangguan pada telinga yang beakibat munculnya telinga berdengung atau terdengar suara “iiiingg…” adalah akibat dari beberapa hal, seperti mendengar suara yang terlalu keras, kemasukan air, terkena flu, faktor usia, dan gangguan lainnya.

Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu, sehingga banyak dari anda yang mencari solusi untuk menghilangkan gangguan ini. Dan berikut ini ada 5 Tips Mudah Mengatasi Telinga Berdengung !

5 Tips Mudah Mengatasi Telinga Berdengung

 

5 tips mudah mengatasi telinga berdengung

Meniup telinga

Ketika mengalami masalah telinga berdengung, anda bisa meminta bantuan orang lain untuk meniupkan udara pada telinga. Hal ini dilakukan, karena kemungkinan adanya perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar telinga. Namun, ketika tak ada seorangpun yang ada di sekitar anda, bisa diatasi dengan cara menggenggam tangan yang diberikan celah di tengahnya. Kemudian anda tiupkan udara di bagian tengah, Tempelkan pada telinga yang berdengung.

Membersihkan telinga

Telinga yang berdengung juga bisa diakibatkan oleh kotoran yang menumpuk di dalam telinga. Oleh karena itu, bersihkan telinga anda menggunakan cutton bud dan minyak pembersih telinga. Membersihkan telinga tentu tak hanya dilakukan saat telinga berdengung saja, anda seharusnya bisa melakukan hal ini dengan teratur.

Hindari mendengarkan musik keras

Ketika mengalami telinga berdengung, sebaiknya hindari mendengarkan suara atau musik keras. Namun, jika pekerjaan yang menuntut anda berada dalam lingkungan tingkat suara tinggi, gunakan penutup telinga atau earplug.

Baca juga : Kandungan dan Manfaat Durian untuk Kesehatan

Istirahat yang cukup

Jam istirahat yang berantakan bisa menjadi pemicu telinga berdengung. Oleh karena itu, anda harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup disertai dengan menghindari konsumsi alkohol dan rokok yang bisa memperburuk keadaan.

Hindari posisi tidur yang salah

Ketika telinga berdengung terjadi saat bangun tidur, itu merupakan akibat dari kesalahan dalam posisi tidur. Posisi tidur miring membuat telinga yang satu tersumbat dan menyebabkan udara tidak bisa masuk ke telinga, serta merubah tekanan di dalamnya.

Itulah 5 tips mudah mengatasi telinga berdengung yang bisa anda jalankan. Semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *