5 Rempah Berkhasiat untuk Kesehatan

Sejak dulu, Indonesia dikenal sebagai negara penghasil rempah terbesar. Rempah yang biasa dimanfaatkan untuk meningkatkan cita rasa makanan ini ternyata memiliki pengaruh untuk kesehatan tubuh. Apa saja jenis rempah berkhasiat untuk kesehatan tersebut ?

5 Rempah Berkhasiat untuk Kesehatan

rempah berkhasiat

Bawang putih

Hampir semua masakan di Indonesia menggunakan bawang putih. Tak hanya menyedapkan, bawang putih juga menyehatkan tubuh. Di dalamnya mengandung anti-bakteri dan anti-parasit sehingga menguntungkan tubuh. Beberapa penelitian pun telah membuktikan bahwa bawang putih juga mampu menurunkan kolesterol, tekanan darah, sampai obat pencegah kanker. Rutin mengkonsumsi setelah siaung bawang putih dipercaya dapat menuunkan kolesterol hingga 10%. Jika ingin lebih ampuh, anda bisa mencobanya dengan mengkonsumsi bawang putih mentah.

Bawang merah

Bawang putih diketahui banyak mengandung minyak asiri, sikloalilin, metilallin, dihidroallin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin, dan zat pati. Fungsinya untuk mengatasi batuk dan pilek pada bayi dan anak, membantu meredakan diabetes, mengatasi demam dan perut kembung pada anak-anak, melancarkan buang air kecil dan besar, memiliki efek membunuh kuman, menormalkan sistem saraf usus, membantu kerja empedu, mengurangi tekanan darah tinggi, dll.

Cabe

Rempah yang paling banyak digemari dengan cita rasa pedas karena mengandung zat capsaicin. Fungsinya untuk menyembuhkan luka, pereda demam, meredakan pilek dan hidung tersumbat, mencegah stroke, meringankan sakit kepala sebagai antibiotik alami, memiliki kandungan antioksidn serta berbagai khasiat lainnya.

Kunyit

Warna orange khasnya biasa digunakan untuk memberi warna pada masakan. namun ternyata kunyit ini memiliki khasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dan menjadi agen anti-inflamasi. Kunyit mengandung curcumin, senyawa yang mengandung antioksidan tinggi yang diteliti ternyata dapat menangkal tumor. Selain itu, kunyit juga dipercaya ampuh mengobati maag dan radang sendi atau otot.

Jahe

Jahe biasanya digunakan untuk mengobati sakit kepala, batuk, masuk angin, menghilangkan mual, hingga nyeri haid pada wanita. Jahe bisa diaplikasikan untuk beberapa pengobatan, salah satunya dijadikan ramuan atau minuman. Dicampur dalam teh hangat, bisa juga diseduh dengan air panas dan madu.

Walaupun pada dasarnya, ramuan dari 5 Rempah Berkhasiat untuk Kesehatan ini aman karena asli dari alam, namun tetap saja anda harus memerhatikan kadar yang akan anda manfaatkan, karena yang berlebihan itu tetap tidak baik.

Semoga bermanfaat, salam sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *