5 Manfaat Menakjubkan Yoga untuk Kesehatan

Yoga merupakan salah satu bentuk latihan fisik dengan gerakan tertentu yang bisa membuat napas dan gerak anda menjadi lebih rileks. Banyak orang yang menganggap jika yoga hanya bisa dilakukan oleh para wanita dengan tubuh yang lentur. Faktanya tidak demkian, karena yoga dibuka secara umum dan bisa dilakukan oleh pria maupun wanita, muda ataupun tuda. Gerakannya yang bisa membuat suasana hati dan tubuh lebih rileks, ternyata memiliki manfaat lain yang tak banyak diketahui oleh masyarakat. Seperti apakah manfaat menakjubkan yoga untuk kesehatan ? Berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Yoga Secara Teratur

 

5 manfaat menakjubkan yoga untuk kesehatan

Meningkatkan kekebalan tubuh

Peneliti Norwegia menemukan bahwa yoga dapat membuat beberapa perubahan ekspresi gen yang meningkatkan kekebalan tubuh pada tingkat sel, dan itu tidak butuh waktu lama. Yoga juga membantu untuk meningkatkan kekebalan dengan hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mitchel Bleier, seorang guru yoga 18 tahun dan pemilik Yogapata di Connecticut mengatakan, “Sepertinya Anda bernapas lebih baik, bergerak lebih dan mengedarkan lebih baik, Semua fungsi organ lain terlihat lebih baik.”

Mengatasi migrain

Penelitian menunjukkan bahwa penderita migrain memiliki migrain lebih sedikit dan tidak terlalu menyakitkan setelah tiga bulan latihan yoga. Penyebab migrain belum sepenuhnya dipahami, tetapi Bleier mengatakan itu bisa kombinasi stres mental dan fisik yang membuat migrain dan masalah lainnya. Menggunakan komputer atau ponsel dengan bahu Anda dan kepala ke depan penyebab overlifting dari trapezius Anda yang bisa mengencangkan leher. Ini menarik kepala ke depan dan menciptakan ketidakseimbangan otot yang dapat berkontribusi untuk sakit kepala dan migrain.

Meningkatkan hubungan seksual

Studi telah menemukan bahwa 12 minggu latihan yoga dapat meningkatkan gairah seksual, kinerja, kepercayaan, orgasme dan kepuasan bagi pria maupun wanita. Bagaimana? Secara fisik, yoga meningkatkan aliran darah ke daerah kelamin, yang penting bagi gairah dan ereksi, atau otot-otot dasar panggul. Mental, pernapasan dan pengendalian pikiran terlibat dengan praktek yoga yang juga dapat meningkatkan kinerja.

Tidur lebih baik

Para peneliti dari Harvard menemukan bahwa delapan minggu yoga, secara signifikan meningkatkan kualitas tidur bagi penderita insomnia. Dan studi lain menemukan bahwa sesi dua kali seminggu yoga membantu tidur lebih nyenyak dan mengurangi rasa letih. Ini dapat dikaitkan dengan kemampuan yoga untuk membantu orang-orang yang berurusan dengan stres, kata Bleier. “Masalah tidur adalah seperti kecemasan. Kepala Anda tidak bisa berhenti berputar, Anda tidak tahu bagaimana untuk bersantai,”katanya. “Latihan bernapas dan mental memungkinkan pikiran untuk lebih rileks, sehingga Anda akan mulai melihat diri Anda tidur lebih baik.”

Melawan ngidam yang berlebihan

Para peneliti dari University of Washington menemukan bahwa berlatih yoga teratur terkait dengan keinginan makan, kesadaran sensasi fisik dan emosional yang terkait dengan makan. Dengan menyebabkan kesadaran napas, berlatih yoga teratur memperkuat hubungan pikiran-tubuh, Bleier mengatakan. Kesadaran dapat membantu Anda menyetel ke emosi terlibat dengan hasrat tertentu, dan yoga latihan pernapasan dapat membantu Anda memperlambat dan membuat pilihan yang lebih baik ketika ngidam menyerang.

Itulah 5 manfaat menakjubkan yoga untuk kesehatan yang bisa anda ingat dan menjadi rekomendasi tepat untuk dilakukan mulai saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *