5 Kombinasi Salah Antara Makanan dan Obat

hargaalami.com | Hanya sebagian kecil dari masyarakat yang tahu dan paham benar bahwa tidak semua makanan bisa dikonsumsi secara bebas, karena ada beberapa makanan tertentu yang harus dihindari ketika kita sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu pula. Bisa dikatakan, jika kombinasi makanan dan obat-obatan tersebut akan memberikan dampak negatif pada tubuh.

5 Kombinasi Salah Antara Makanan dan Obat

 

5 kombinasi makanan dan obat yang salah (FILEminimizer)
Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada 5 kombinasi makanan dan obat yang memberikan efek samping pada tubuh, di antaranya :

Susu dan antibiotik

Susu dan produk olahannya memiliki kandungan Kalsium yang bisa menangkal antibiotik, sehingga membuat obat yang dikonsumsi pun sulit untuk dicerna.

Cokelat dan Ritalin

Ritalin sering digunakan untuk para penderita ADD (attention deficit disorder) yang bersifat stimulan. Namun ketika kita mencampurnya dengan konsumsi cokelat atau makanan mengandung kafein, hal ini akan mengakibatkan peningkatan pengaruh obat yang bisa membahayakan.

Alkohol dan insulin

Ketika anda adalah seorang penderita diabetes yang kemudian mengonsumsi insulin atau pil diabetes, alangkah baiknya untuk menghindari minuman beraalkohol, apalagi ketika malam hari. Kombinasi ini akan mengakibatkan kondisi fatal pada penurunan glukosa dan memicu terjadinya hypoglycemia.

Baca juga : 6 Tips Jitu Cegah Migrain Kambuh

Jeruk nipis dan obat batuk

Jeruk nipis memiliki kandungan enzim yang dapat merusak beberapa jenis obat-obatan, salah satunya dextrosethorphan atau obat batuk. Kombinasi yang salah antara jeruk nipis dan obat batuk ini akan menimbulkan kantuk berlebihan hingga halusinasi.

Rumput laut dan obat anti-tiroid

Ketika anda harus mengonsumsi obat anti-tiroid, anda harus waspada jika akan mengonsumsi makanan laut, terutama rumput laut yang sarat iodin. Hal ini dikarenakan, sarat iodin dalam rumput laut akan menurunkan kinerja obat, sehingga semakin tinggi iodin dalam makanan laut, semakin tinggi pula dosis yang dibutuhkan pada obat anti-tiroid.

Untuk pengobatan yang ingin mendapatkan hasil lebih efektif, anda harus menghindari 5 kombinasi di atas, dan jangan lupa untuk cek up pada dokter serta tanyakan banyak hal agar kondisi tubuh lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *