5 Hobi yang Dapat Mempertajam Fungsi Otak

hargaalami.com | Setiap orang tentunya menginginkan kecerdasan dan ketajaman otak di sepanjang usia mereka, dan keinginan tersebut nyatanya bisa dicapai dengan cara yang unik, yaitu melalui hobi tertentu. Apa saja hobi yang bisa membantu mempertajam otak ?

5 Hobi yang Dapat Mempertajam Fungsi Otak

5 hobi yang dapat meningkatkan ketajaman otak
Aktivitas fisik

Kesehatan tubuh sudah tentu bisa didapatkan dengan cara menjalankan olahraga secara teratur, namun siapa sangka jika berolahraga juga bisa membuat memori otak menjadi lebih baik, seperti yang dipaparkan oleh Dartmouth College pada tahun 2009. Manfaatnya ini ditimbulkan akibat adanya faktor neutropik yang berhubungan dengan protein, sehingga dapat memberikan fungsi memori yang lebih pada otak.

Bermain video games

Riset yang pernah dilakukan Cleiden University pada tahun 2012, bermain video games dapat meningkatkan kualitas memori atau sistem otak yang dalam hal mengingat serta memperbaharui informasi. Selain itu, Charite University di Berlin mengungkapkan bahwa adanya perencanaan serta performa otak yang lebih unggul ketika bermain video games sekitar 30 menit sehari.

Memainkan alat musik

Memainkan instrumen musik dikatakan dapat memberikan peningkatkan pada otak dan kemampuan kognitif manusia. Anak yang dibiasakan memainkan instrumen musik, mampu meningkatkan kefasihan serta kecepatan verbalnya, menurut Boston Children’s Hospital pada tahun 2014 lalu.

Baca juga : 7 Aroma Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

Belajar beberapa bahasa

Mempelajari beberapa bahasa, mampu memberikan manfaat untuk melatih memori otak agar lebih baik karena harus mengingat beberapa kosa kata yang baru. Bukan hanya dengan belajar bahasa, permainan puzzle pun akan membantu melatih otak agar bisa berpikir lebih cepat dan tepat.

Membaca

Ketika kita membaca, saraf otak akan memicu koneksi ingatan yang lebih baik. Hal ini seperti yang telah diungkapkan Emory Unversity tahun 2013.

Tak pernah kita duga selama ini, kebiasaan dan hobi seperti ini justru memberikan dampak positif bagi otak jika dilakukan dengan benar dan sesuai aturan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *