5 Efek Samping Penggunaan Smartphone Terlalu Lama

Harga Produk Herbal | Kemajuan teknologi memang memberikan perubahan besar bagi sebuah bangsa, contohnya saja smartphone. Dengan lahirnya ponsel pinter ini, para penggunanya akan lebih mudah mendapatkan akses layanan tertentu dan beberapa informasi dari dunia maya tak hanya terfokuskan pada PC maupun laptop.

Namun, siapa yang menyangka di balik keunggulan dan manfaatnya ini, tersimpan beberapa efek samping akibat penggunaan smartphone yang berlebihan. Berikut 5 Efek Samping Penggunaan Smartphone Terlalu Lama.

5 Bahaya Penggunaan Smartphone Berlebihan (terlalu lama)

 

5 Efek Samping Penggunaan Smartphone Terlalu Lama
Gangguan Fisik

Terlalu lama dan sering menggunakan smartphone, dapat menimbulkan gangguan fisik pada tulang. Leher akan tertekan, bantalan tulang akan bergeser akibat cakram antara tulang belakang rusak dan menekan saraf. Selain itu, ketika menunduk saat tengah memainkan smartphone, hal tersebut akan memberikan bebas berlebih pada kepala sebanyak 6 kali lipat.

Sakit mata

Berdasarkan survei yang pernah dilakukan, sekitar 37% orang akan menghabiskan waktu sekitar 9 jam untuk memainkan smartphone mereka. Sekitar 7 dari 10 orang tersebut mengalami masalah mata akibat kelelahan. Mata menjadi merah, mengalami iritasi, kering, rabun dekat, bahkan disertai sakit kepala yang berkepanjangan.

Menimbulkan kurang tidur

Sekarang ini, banyak orang yang tidak mendapatkan waktu yang sesuai dengan kebutuhannya, dan hal ini banyak disebabkan karena mereka terlalu asyik memainkan smartphone. Cahaya dari layar smartphone juga dapat memicu insomnia. Jika terus dibiarkan, daya tahan tubuh akan mulai melemah, sehingga virus maupun bakteri akan lebih mudah masuk dan berkembang.

Baca juga : 7 Jenis Obat Resep Dokter yang Disalahgunakan

Penuaan dini

Posisi leher yang menekuk, sinar smartphone teru dilihat selama seharian akan menimbulkan masalah dengan deteksi tanda-tanda penuaan dini. Hal tersebut dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Stuart H. Kaplan, M., D., dokter kulit di Beverly Hills, mengatakan bahwa banyak anak muda yang melakukan botox untuk menghilangkan kerutan dini akibat penggunaan smartphone yang berlebihan.

Kanker otak

Menurut peneletian, penggunaan smartphone dalam waktu 30 menit dalam sehari, konstan selama 10 tahun, akan memicu peningkatkan risiko kanker otak 2 kali lipat.

Jadi, sebaiknya kita harus lebih bijak dalam menggunakan smartphone, walaupun setiap saat kita membutuhkannya keran tuntutan profesi atau sesuatu yang lebih bermanfaat. Kurangi waktu pemakaian smartphone, jangan sampai berlebihan dan menimbulkan gangguan serius pada tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *