5 Cara Tepat Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Produk Herbal Alami | Seperti yang kita ketahui jika seseorang yang mengalami masalah pada lambung seperti penyakit maag harus memiliki pola makan yang teratur dan mendapatkan asupan makanan yang benar-benar tepat untuk dikonsumsi. Nah, yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat penderita maag agar tetap sehat tak mengalami kambuh selama berpuasa ? Simak penjelasannya berikut ini !

5 Cara Tepat Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

 

cara tepat mencegah maag kambuh saat puasa

Jangan melewatkan sahur dan segera berbuka

Rasullullah memang mengajarkan kita untuk tidak melewatkan sahur dan mengakhirkannya, serta segera berbuka puasa ketika waktunya telah tiba. Nyatanya hal seperti ini juga diterapkan dan menjadi rekomendasi tepat untuk para penderita maag.

Perbanyak minum air saat sahur untuk membantu pembuangan racun dalam tubuh, serta berbuka dengan yang manis dan tidak berlebihan akan lebih baik untuk para penderita maag. Anda bisa makan besar setelah shalat untuk mencegah terjadinya kerusakan dinding saluran pencernaan, terlabih seresi cairan lambung akan bekerja lebih keras ketika anda tertidur.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

buah dan sayur mengandung vitamin serta Mineral yang akan membantu menstabilkan pengeluaran asam lambung. Konsumsi 2 jenis makanan alami nan sehat ini juga menjadi rekomendasi utama untuk membuat tubuh lebih fit dan baik.

Baca juga : 7 Bahaya Konsumsi Telur Mentah bagi Kesehatan

Tidak tidur setelah sahur

Ketika selesai sahur, sebaiknya jangan tidur lagi, tapi gunakan waktu anda untuk beraktivias ringan untuk merangsang hormon katekolamin yng dapat memungkinkan kadar gula tubuh normal. Hal ini akan membuat lambung pun bekerja lebih santai dan pengeluaran asam lambung bisa ditekan.

Menghindari stress

Stress bisa memicu kambuhnya maag karena berpengaruh negatif pada sekresi asam lambung. Stress juga menjadi pemicu berbagai gangguan kesehatan lain yang dapat memicu kekacauan dalam fungsi tubuh.

Konsultasi ke dokter

Jika anda memiliki masalah maag atau masalah lambung yang bersifat kronis, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai cara yang tepat untuk berpuasa selagi anda memiliki penyakit tersebut agar bisa tetap kuat berpuasa dan tubuh tetap sehat.

Itulah 5 cara tepat dan mudah yang bisa anda lakukan untuk menghindari kambuhnya maag saat berpuasa, terutama puasa 1 bulan penuh di Ramadhan.

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *