5 Buah dan Sayur Ini Lebih Baik Dimakan dengan Kulitnya

Tak pernah kita pungkiri jika mengupas kulit buah dan sayur terlebih dahulu sebelum dikonsumsi merupakan suatu kebiasaan dan memang cenderung lebih baik. Tapi, aturan tersebut tidak berlaku pada 5 jenis buah atau sayur berikut ini. Bahkan 5 jenis buah dan sayur ini lebih baik jika dikonsumsi dengan kulitnya.

5 Buah dan Sayur Ini Lebih Baik Dimakan dengan Kulitnya

buah yang lebih baik dikonsumsi bersama kulitnya
Apel

Mengupas kulit apel sebelum dikonsumsi nyatanya tak akan membuang Vitamin C yang terkandung di dalamnya, namun akan membuang zat pektin. Serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL tinggi yang akan berdampak buruk pada tubuh jika tidak segera ditangani. Di samping itu, konsumsi apel dengan kulitnya dapat membantu menahan lapar.

Wortel

Di bawah kulit wortel, ada kandungan polyacetylene yang dapat memberikan peran dalam menekan sel-sel kanker, antijamur, antibakteri, juga anti inflamasi atau peradangan.

Baca juga : Mengenal Jenis-jenis Zat Adiktif dan Psikotropika

Mentimun

Kita memang sangat tak dianjurkan untuk mengupas kulit mentimun sebelum memakannya. Karena dengan konsumsi mentimun beserta kulitnya, tubuh akan diberikan asupan nutrisi kalsium, magnesium, potassium, fosfor, Vitamin A, dan vitamin K yang memberikan peran penting untuk tubuh.

Terung

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Library of Medicine and National Institutes of Health, di dalam kulit terung ada antioksidan bernama nasunin yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan jaringan otak.

Anggur

Mungkin justru akan terlihat aneh jika ada orang yang mengupas kulit anggur terlebih dahulu, karena anggur ini memang biasa dikonsumsi dengan kulitnya. Kulit anggur ini memiliki kandungan resveratrol yang dapat menjaga kesehatan jantung dan otak, juga memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Sehingga sel kanker tidak akan tumbuh lebih lama dalam tubuh yang kemudian mati.

Itulah 5 jenis buah dan sayur yang sebaiknya dikonsumsi dengan kulitnya yah, Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *