12 Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Tipe 2

Efek samping dari diabetes mempengaruhi segala sesuatu dari segi penglihatan, peradangan sendi, kesehatan ginjal, dan proses pencernaan. Oleh karena itu, melaksanakan rencana komprehensif gaya hidup sangat penting. Dalam artikel ini kita menguraikan beberapa cara terbaik untuk menjaga diabetes Anda di bawah kontrol untuk mencegah dari lebih banyak dampak negatif pada kehidupan Anda yang bisa memengaruhi. Jika Anda mengikuti beberapa atau semua saran dalam 12 Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Tipe 2 ini, Anda akan mampu menjalani kehidupan yang bahagia, sehat dan berkualitas tinggi dengan diabetes.

Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes

Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Tipe 2
1. Berhenti merokok

Meskipun situasi stres biasanya membuat orang-orang akan lebih banyak merokok, itu dapat menjadi pilihan yang sangat buruk bagi orang-orang dengan diabetes, khususnya dengan diabetes tipe 2. Merokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang membatasi sirkulasi yang baik untuk ekstremitas. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan resistensi insulin, yang merupakan kebalikan dari apa yang diinginkan pasien diabetes.

2. Olahraga secara teratur

Mengambil catatan tentang kebiasaan olahraga Anda untuk beberapa minggu akan memberikan catatan yang nyata untuk membantu Anda membuat perubahan fisik dan gaya hidup Anda yang Anda butuhkan. Dengan hal itu, anda akan lebih terbiasa untuk menjalankan olahraga secara rutin.

3. Menghindari makanan cepat saji

Membuat makan siang/makan malam Anda sendiri di rumah adalah pilihan terbaik bagi orang-orang yang menderita diabetes. Berhenti untuk mengonsumsi makanan cepat saji atau makan di restoran untuk mengontrol asupan gula, garam, dan kalori, yang bisa sangat berbahaya untuk menjaga gula darah agar seimbang. Makanan cepat saji juga dapat berisi kandungan garam yang tinggi dan studi terbaru menunjukkan bahwa asupan tinggi garam diet meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular pada penderita diabetes. Juga, makanan cepat saji dikemas dengan lemak jenuh dan kalori yang berkontribusi terhadap obesitas tersembunyi.

4. Rajin memeriksa kesehatan mata

Diabetes dapat berdampak serius pada kesehatan mata Anda, dan kebutaan adalah salah satu efek samping yang paling serius dan menakutkan umum dari diabetes jangka panjang. Memeriksa mata secara teratur mungkin adalah cara terbaik untuk mencegah retinopati, serta mengukur dampak dari diabetes sebagai ukuran seberapa baik Anda menangani dan mengelola penyakit.

5. Mengurangi berhenti kopi Anda cepat

Mengubah rutinitas pagi Anda tampaknya seperti hal kecil, tapi dapat memiliki dampak yang besar pada kualitas hidup Anda sebagai pasien diabetes. Cangkir kopi mewah khusus dari kedai kopi sering dikemas dengan gula, yang dapat menyebabkan fluktuasi insulin dan glukosa dalam tubuh Anda, selain kecelakaan kafein yang begitu sering terjadi.

6. Bergerak aktif

Ini mungkin adalah pilihan gaya hidup yang paling jelas untuk pasien diabetes. Diabetes memperlambat aliran darah ke kaki Anda dan ini diperparah oleh gaya hidup sembarangan dan obesitas. Tetap aktif akan menjaga Anda dalam kondisi yang lebih baik, meningkatkan metabolisme Anda, dan meningkatkan proses penyerapan insulin Anda sehingga Anda akan merasakan efek dari diabetes jauh lebih sedikit.

7. Mencoba konsumsi buah dan sayuran jenis baru

Tubuh setiap orang bereaksi terhadap makanan yang berbeda, dan itu berlaku pada buah serta sayuran, yang merupakan elemen penting makanan untuk orang-orang yang menderita diabetes. Dengan mencoba buah dan sayuran jenis baru yang sehat, Anda dapat periksa gula darah dan melihat bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap pilihan diet baru ini. Ini dapat membantu Anda membentuk rencana makanan yang lebih bermanfaat dan membantu kadar gula darah Anda tetap stabil.

8. Meningkatkan asupan serat

Serat adalah bagian penting dari diet diabetes. Serat tak larut air membuat proses pencernaan Anda berjalan lancar dan memfasilitasi penyerapan hara, sementara serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda dan benar-benar meningkatkan manajemen glukosa darah Anda. Oleh karena itu, kedua jenis serat harus ditambahkan untuk diet Anda setiap hari; antara 25 dan 40 gram per hari ini dianjurkan untuk pasien diabetes. Serat juga membuat Anda cepar kenyang, sehingga bisa mengontrol nafsu makan anda saat itu.

9. Menggunakan piring kecil

Trik psikologis yang lain adalah untuk menyiapkan makanan di piring kecil. Anda akan lebih cenderung untuk mempertahankan kontrol porsi yang tepat dan tingkat asupan kalori dan gula yang lebih rendah.

10. Cek gula darah Anda secara teratur

Banyak orang memiliki jadwal yang ditetapkan untuk memeriksa gula darah mereka, tetapi mereka melakukannya setelah atau sebelum makan. Sebaiknya, anda cek gula darah sepanjang hari guna memberikan gambaran yang lebih baik terhadap respon tubuh Anda untuk makanan dan tingkat penyerapan glukosa sehingga Anda dapat menyesuaikan gaya sesuai.

11. Cek kaki Anda

Masalah sirkulasi di kaki umum untuk orang-orang yang menderita diabetes. Hal ini juga dapat mengakibatkan mati rasa atau kurangnya sensasi, sehingga luka atau goresan mungkin benar-benar diperhatikan. Kerusakan saraf kecil semacam ini dapat berbahaya dan dapat menyebabkan infeksi atau masalah kaki yang lebih serius, bahkan kadang-kadang memerlukan amputasi. Memeriksa kaki Anda setiap hari dan membuat catatan tentang perubahan yang jelas dalam sensasi atau sirkulasi. Membahas Catatan ini dengan dokter Anda pada Anda check up berikutnya.

12. Makan dalam porsi kecil, namun sering

Lebih baik makan 5 atau 6 kali sepanjang hari dalam porsi kecil, daripada 3 kali makan dalam porsi besar. Hal ini akan membuat tubuh Anda tetap aktif dalam proses pencernaan, yang akan meningkatkan sensitivitas insulin. Selanjutnya, Anda akan memiliki lebih sedikit gula darah dan asupan kalori yang benar.

Itulah 12 Cara Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes Tipe 2 yang wajib anda ketahui guna menghindari berbagai komplikasi yang mengancam setiap penderitanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *